Modul Pengenelan dan Pengolahan Data

Modul Ajar Informatika
Fase D
Link PMM

 Topik              : Pengenalan Basis Data dan Pengolahan Data
Kelas               : 8
Waktu            : 4 Jp
P3                    : Kreatif dan Gotong Royong

Tujuan Pembelajaran          

  • Peserta didik dapat mendefinisikan basis data sebagai kumpulan data yang terorganisir untuk memudahkan akses, pengelolaan, dan pembaruan.
  • Peserta didik dapat menjelaskan fungsi utama basis data dalam pengelolaan informasi.
  • Peserta didik dapat memberikan contoh-contoh basis data dalam kehidupan sehari-hari seperti katalog perpustakaan, daftar hadir, buku telepon, sistem inventaris, dll
  • Peserta didik dapat menjelaskan manfaat penggunaan basis data dalam berbagai konteks seperti organisasi, pendidikan, dan bisnis

 Pemantik

  • Apa yang dimaksud dengan basis data, dan mengapa penting untuk mengorganisir data secara sistematis?
  • Bagaimana perbedaan antara basis data dan file biasa dalam hal pengelolaan data?
  • Mengapa tabel merupakan struktur dasar yang penting dalam basis data?

Rencana Asesmen

  • Tujuan Asesmen:
    1. Mengukur pemahaman siswa terhadap konsep dasar basis data.
    2. Menilai kemampuan siswa dalam menyusun tabel entitas dan diagram alur dari studi kasus.
    3. Menguji keterampilan analitis dan pemecahan masalah siswa dalam konteks basis data.
  • Bentuk Asesmen:
    1. Proyek Kelompok
    2. Penyusunan Tabel Entitas
    3. Pembuatan Diagram Alur
    4. Presentasi dan Diskusi
    5. Diskusi dan tanya jawab
  • Rubrik Penilaian:
    1. Proyek Kelompok (100%)
    2. Penyusunan Tabel Entitas (40%)
    3. Pembuatan Diagram Alur (40%)
    4. Presentasi dan Diskusi (20%)
  • Instrumen Penilaian:
    1. Proyek Kelompok
  • Tugas Penyusunan Tabel Entitas dan Diagram Alur

Pilih salah satu studi kasus berikut dan lakukan langkah-langkah di bawah ini:

  • Katalog Perpustakaan Digital, Buat tabel entitas yang mencakup data buku, penulis, dan status peminjaman. Buat diagram alur yang menggambarkan proses peminjaman buku.
  • Sistem Absensi Digital, Buat tabel entitas yang mencakup data siswa, kehadiran, dan kelas. Buat diagram alur yang menggambarkan proses pencatatan kehadiran.
  • Manajemen Inventaris Toko, Buat tabel entitas yang mencakup data produk, stok, dan pemasok. Buat diagram alur yang menggambarkan proses pembaruan informasi produk.
  • Panduan Penyusunan Tabel Entitas:
  • Identifikasi entitas utama.
    1. Tentukan atribut yang relevan untuk setiap entitas.
    2. Susun tabel yang mencakup semua entitas dan atributnya.
    3. Panduan Pembuatan Diagram Alur:
    4. Tentukan proses utama dalam studi kasus.
    5. Identifikasi langkah-langkah dalam proses tersebut.
    6. Susun diagram yang menggambarkan alur proses secara jelas.
    7. Presentasi dan Diskusi
    8. Setiap kelompok mempresentasikan hasil proyek mereka.
    9. Diskusi dan tanya jawab untuk mengklarifikasi pemahaman siswa.

Rubrik Penilaian Detail:

Berikut adalah rubrik penilaian yang lebih sederhana dalam bentuk tabel:

Aspek Penilaian Kriteria Skor Maksimal Bobot (%) Skor Tertimbang
Proyek Kelompok (100%)
Penyusunan Tabel Entitas (40%)
Identifikasi Entitas Semua entitas utama diidentifikasi dengan benar 9-10 15
Sebagian besar entitas utama diidentifikasi dengan benar 7-8
Beberapa entitas utama diidentifikasi dengan benar 5-6
Identifikasi entitas utama kurang tepat atau tidak dilakukan 0-4
Penentuan Atribut Semua atribut relevan ditentukan untuk setiap entitas 9-10 10
Sebagian besar atribut relevan ditentukan untuk setiap entitas 7-8
Beberapa atribut relevan ditentukan untuk setiap entitas 5-6
Penentuan atribut relevan kurang tepat atau tidak dilakukan 0-4
Penyusunan Tabel Tabel mencakup semua entitas dan atributnya secara komprehensif 9-10 10
Tabel mencakup sebagian besar entitas dan atributnya 7-8
Tabel mencakup beberapa entitas dan atributnya 5-6
Tabel tidak mencakup entitas dan atributnya dengan baik 0-4
Pembuatan Diagram Alur (40%)
Penentuan Proses Utama Semua proses utama dalam studi kasus ditentukan dengan benar 9-10 15
Sebagian besar proses utama ditentukan dengan benar 7-8
Beberapa proses utama ditentukan dengan benar 5-6
Penentuan proses utama kurang tepat atau tidak dilakukan 0-4
Identifikasi Langkah-Langkah Semua langkah-langkah dalam proses diidentifikasi dengan benar 9-10 10
Sebagian besar langkah-langkah diidentifikasi dengan benar 7-8
Beberapa langkah-langkah diidentifikasi dengan benar 5-6
Identifikasi langkah-langkah kurang tepat atau tidak dilakukan 0-4
Penyusunan Diagram Diagram alur menggambarkan proses secara jelas dan logis 9-10 10
Diagram alur menggambarkan sebagian besar proses dengan jelas 7-8
Diagram alur menggambarkan beberapa bagian proses dengan jelas 5-6
Diagram alur kurang jelas atau tidak logis 0-4
Presentasi dan Diskusi (20%)
Kualitas Presentasi Presentasi sangat jelas, terstruktur, dan menarik 9-10 10
Presentasi cukup jelas dan terstruktur 7-8
Presentasi kurang jelas dan kurang terstruktur 5-6
Presentasi tidak jelas dan tidak terstruktur 0-4
Partisipasi dalam Diskusi Siswa aktif berpartisipasi dan memberikan kontribusi yang berarti 9-10 10
Siswa cukup aktif dalam diskusi 7-8
Siswa kurang aktif dalam diskusi 5-6
Siswa tidak berpartisipasi dalam diskusi 0-4
Total 100

Langkah pembelajaran

  • Pendahuluan (10 menit)

Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan pentingnya memahami basis data dalam kehidupan sehari-hari.

Menyampaikan definisi basis data, organisasi data, dan sistem manajemen basis data (DBMS).

  • Presentasi Materi (40 menit)
  • Guru menggunakan slide atau video untuk menjelaskan materi:
  • Definisi Basis Data.
  • Organisasi Data.
  • Sistem Manajemen Basis Data (DBMS) beserta contohnya
  • Guru menjelaskan contoh-contoh basis data dalam kehidupan sehari-hari:
  • Katalog Perpustakaan.
  • Daftar Hadir.
  • Buku Telepon.
  • Sistem Inventaris.
  • Aplikasi Perbankan.
  • Siswa mencatat poin-poin penting
  • Guru menjelaskan manfaat penggunaan basis data dalam kehidupan sehari-hari.
  • Diskusi Kelompok (90 menit)
  • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil.
  • Setiap kelompok mendiskusikan contoh penerapan basis data dalam bentuk entitas dan atribut berdasarkan strudi kasus berikut.
  • Katalog perpustakaan digital: Peserta didik dapat mempelajari bagaimana perpustakaan digital mengelola informasi buku dan memudahkan pencarian buku melalui sistem basis data. Peserta didik dapat memahami bagaimana data buku, penulis, dan status peminjaman dikelola dalam basis data perpustakaan.
  • Sistem absensi sekolah: Diskusikan bagaimana sistem absensi digital di sekolah membantu guru dan staf dalam mengelola kehadiran peserta didik dengan lebih efisien. Peserta didik dapat mempelajari bagaimana data kehadiran dicatat, disimpan, dan diakses oleh pihak yang berwenang.
  • Manajemen inventaris toko: Peserta didik dapat mengeksplorasi bagaimana toko-toko besar menggunakan basis data untuk mengelola stok barang dan memperbarui informasi produk secara real-time. Peserta didik dapat memahami bagaimana data stok, harga, dan pemasok dikelola dalam basis data inventaris
  • Untuk pemahaman mendalam, kembali ajak perserta didik untuk melihat cara menentukan entitas dan atribut dari bahan bacaan di : https://www.novasi-cikgu.my.id/pengenalan-data-dan-pengolahan-data/
  • Setiap kelompok membuat ringkasan hasil diskusi.
  • Presentasi Kelompok (20 menit)
  • Perwakilan setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka.

Media Pembelajaran

  • Web Novasi-Cikgu.my.id
  • Google Form
  • Kertas dan Spidol
  • Proyektor/LCD
  • Kartu Kata-Kata
  • Lembar Kerja Siswa (LKS)
admin Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *