Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
| Sekolah | SMP Negeri 23 Pekanbaru |
| Fase/Kelas/Semester | D/VIII/Genap |
| Mata Pelajaran | Informatika |
| Materi Pokok | Manipulasi Data |
| Sub Materi | Sort and Filter, Find and Replace, Conditional Formatting |
| Media dan Alat Pembelajaran | lembar kerja berisi tabel data, pulpen, pensil warna, kertas kosong, penggaris, atau penggunaan computer dan laptop |
| Alokasi Waktu | 3 JP (3 x 40 menit) |
| Tujuan Pembelajaran |
Setelah menyelesaikan kegiatan ini, peserta didik diharapkan mampu:
|
| Dimensi Profil Kelulusan |
| Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia Bernalar kritis Kreatif Kolaborasi |
| Profil Siswa | |
| Minat Siswa | mengambar, menulis, berhitung |
| Gaya Belajar | audio, visual dan kinestetik |
| Bukti ( Produk ) / Optional |
| Hasil pengurutan data manual atau otomasi, hasil penyaringan dan pencatatan data, serta penggunaan warna sebagai conditional formatting secara manual atau otomasi |
| Asesmen |
| Formatif (Lembar kerja individu) Observasi keterampilan menyortir dan menyaring data Diskusi dan refleksi hasil manipulasi data |
| Langkah-langkah Pembelajaran |
| Pada Langkah-langkah pembelajaran guru menuliskan prinsip pembelajaran (Mindful, Meaningful dan Joyful) |
| 1. Kegiatan Pendahuluan |
| 1. Mengondisikan kelas (salam, bertanya kabar, do’a ,absensi)
2. Apersepsi (Mengajukan pertanyaan tentang bagaimana data dapat membantu dalam kehidupan sehari-hari seperti :
3. Motivasi (Menjelaskan pentingnya memahami cara mengelola data untuk kehidupan nyata, contoh :
4. Menjelaskan tujuan pembelajaran. 5. Menjelaskan manfaat materi/pemahaman bermakna Mengelola data itu bagaikan merapikan barang di rumah agar mudah ditemukan. Sortir data itu seperti menyusun buku dari yang paling sering dibaca. Filter data mirip dengan memilih pesan penting di grup chat. Replace data sama dengan mengganti nama kontak yang salah tanpa perlu edit satu per satu. Format data ibarat menulis rapi di buku agar lebih mudah dibaca 6. Ice breaking “Filter Nama Unik!” · Guru memberikan beberapa kriteria, misalnya: |
| 2. Kegiatan Inti |
| a. Memahami (Diawali dengan pertanyaan pemantik) |
|
| b. Mengaplikasikan |
|
| c. Merefleksikan |
|
· Diskusi hasil pekerjaan (meaningful). · Menyimpulkan manfaat manipulasi data dalam kehidupan sehari-hari. |
| 3. Kegiatan Penutup |
|
· Siswa menuliskan kesimpulan dari kegiatan hari ini. · Guru memberikan umpan balik terhadap pekerjaan siswa. · Guru mengajak siswa merefleksikan manfaat dari pembelajaran hari ini.
|

Leave a Reply