Modul Ajar Informatika
Fase D
Topik : Struktur Data Sederhana
Kelas : 8
Waktu : 3 Jp
P3 : Kreatif dan Gotong Royong
Link PMM : klik disini
Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik dapat menjelaskan konsep himpunan dan subset dengan contoh yang tepat
- Peserta didik dapat mendefinisikan array dan list serta menjelaskan perbedaannya
- Peserta didik dapat memberikan contoh penggunaan array dan list dalam pengorganisasian data sehari-hari, seperti daftar belanja, jadwal harian, dll
Pemantik
- “Apakah kalian pernah membuat daftar belanja atau mencatat jadwal harian kalian? Bagaimana cara kalian mengelompokkannya?”
- “Bayangkan kalian memiliki sekotak cokelat dengan berbagai rasa. Bagaimana cara kalian mengelompokkannya?”
- “Apakah kalian pernah menyusun playlist lagu di aplikasi musik? Bagaimana cara kalian mengaturnya?”
Rencana Asesmen
- Tes Tulis
Tujuan: Mengukur pemahaman siswa tentang konsep dasar struktur data sederhana seperti tipe data primitif, array, string, record, himpunan, dan subset.
Jenis Soal: Pilihan ganda, isian singkat, dan uraian.
- Sebutkan tipe data primitif yang sesuai untuk setiap jenis informasi berikut:
- Nama (misalnya: “Rani”)
- Usia (misalnya: 14)
- Tinggi Badan (misalnya: 155.5 cm)
- Apakah memiliki hewan peliharaan (misalnya: Ya / Tidak)
Jawaban:
- Nama: String (karakter berurutan, seperti “Rani”)
- Usia: Integer (bilangan bulat, seperti 14)
- Tinggi Badan: Float (bilangan pecahan, seperti 155.5)
- Apakah memiliki hewan peliharaan: Boolean (nilai benar atau salah, seperti Ya / Tidak)
- Buatlah dua subset dari himpunan hobi (contoh: {Membaca, Menggambar} dan {Berolahraga, Menulis}). Jelaskan bagaimana subset tersebut bisa membantu dalam perencanaan kegiatan kelompok, seperti memilih aktivitas yang paling disukai oleh sebagian besar anggota kelompok.
Jawaban: a. Subset dari himpunan hobi:
- Subset 1: {Membaca, Menggambar}
- Subset 2: {Berolahraga, Menulis}
Penjelasan: Subset dapat membantu dalam perencanaan kegiatan kelompok dengan memungkinkan kita mengelompokkan aktivitas berdasarkan minat tertentu. Misalnya, jika kita ingin mengorganisir acara yang melibatkan berbagai hobi, kita bisa memilih subset yang sesuai dengan minat mayoritas anggota kelompok. Jika kelompok lebih suka hobi seperti “Berolahraga” dan “Menulis”, kita dapat merencanakan kegiatan yang berhubungan dengan hobi-hobi tersebut
- Rubrik Penilaian Tes Tulis
- Kriteria Penilaian:
- Akurasi Jawaban: 40%
- Pemahaman Konsep: 30%
- Klaritas Penjelasan: 20%
- Kesesuaian Contoh: 10%
Langkah pembelajaran
- Pendahuluan (15 menit)
- Pembukaan: Menyapa peserta didik dan mengecek kehadiran.
- Pemantik / apersepsi: Diskusi singkat mengenai pengalaman peserta didik dalam menggunakan data atau informasi yang terstruktur (misalnya, daftar nama teman, daftar tugas harian).
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini dan apa yang akan dicapai.
- Kegiatan Inti (85 menit)
- Penjelasan Konsep (30 menit)
Tipe Data Primitif (10 menit), Jelaskan tipe data integer, float, char, dan boolean.
Berikan contoh nyata dari setiap tipe data. Diskusi interaktif: Tanya peserta didik contoh penggunaan tipe data dalam kehidupan sehari-hari.
- Array (10 menit), definisi dan karakteristik array (ukuran tetap, tipe data sama, indeks). Contoh penggunaan array dalam program sederhana. Praktik: Minta peserta didik membuat contoh array sederhana di papan tulis.
- String dan Record (10 menit), jelaskan string sebagai array karakter. Contoh penggunaan string dalam kehidupan sehari-hari (misalnya, menyimpan nama). Definisi record dan contoh penggunaan dalam menyimpan data kompleks (misalnya, data peserta didik).
- Penerapan dan Praktik (35 menit)
- Himpunan dan Subset (15 menit), definisi himpunan dan subset. Kaitkan dengan array dan bagaimana elemen-elemen dalam array bisa membentuk himpunan. Diskusi: Berikan contoh dan minta peserta didik untuk menemukan subset dari array yang diberikan.
- Aktivitas Praktik: Membuat Array dan List (20 menit), Peserta didik dibagi ke dalam kelompok dan diberikan tugas untuk membuat array dan list berdasarkan skenario yang diberikan (misalnya, daftar nama teman, tugas rumah). Setiap kelompok harus membuat array/list dan mendiskusikan elemen apa saja yang termasuk dalam subset tertentu.
- Aplikasi dan Refleksi (20 menit)
Penggunaan Array dan List dalam aplikasi nyata. Diskusikan bagaimana array dan list digunakan dalam aplikasi sehari-hari, seperti manajemen data pengguna di aplikasi, pengaturan jadwal, dll. Peserta didik diberi tugas untuk mencari aplikasi nyata lain yang menggunakan array atau list dan mempresentasikannya.
- Latihan Mandiri
Berikan latihan soal untuk dipecahkan oleh peserta didik secara individu, misalnya, membuat array untuk menyimpan nilai mata pelajaran dan menghitung rata-rata.
- Penutup (20 menit)
Review dan Ringkasan: Guru meninjau kembali konsep-konsep yang telah dipelajari. Refleksi: Tanya peserta didik tentang apa yang mereka pelajari dan bagaimana mereka bisa mengaplikasikan pengetahuan ini di luar kelas. Penugasan: Peserta didik diberi tugas rumah untuk membuat diagram array dari data yang mereka pilih sendiri dan menjelaskan bagaimana data tersebut bisa diorganisir dalam himpunan dan subset. Penutup: Ucapan terima kasih dan penutupan.
Media Pembelajaran

Leave a Reply