Modul Ajar Informatika
Fase D
Topik : Informatika dan Pembelajaran
Kelas : 7, 8 dan 9
Waktu : 3 JP
Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik memahami dan menerapkan etika digital, seperti hak cipta, integritas, dan verifikasi informasi, sesuai nilai-nilai Pelajar Pancasila, sehingga mereka dapat menggunakan teknologi secara bertanggung jawab
- Peserta didik mengembangkan keterampilan kolaborasi global, berpartisipasi dalam proyek teknologi lintas budaya, dan menghargai perbedaan, yang mendorong toleransi dan keterbukaan dalam masyarakat digital.
- Peserta didik belajar secara mandiri menggunakan berbagai sumber daya online, menyelesaikan proyek teknologi, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif dalam merancang solusi inovatif untuk masalah sehari-hari.
- Peserta didik menerapkan konsep informatika dalam konteks dunia nyata melalui proyek-proyek seperti pengembangan aplikasi mobile, analisis data, dan sistem manajemen basis data, sehingga mereka memahami penerapan praktis teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
Rencana Asesmen
- Asesmen Kerja Kelompok
- Diskusi Kelompok
- Bentuk Asesmen:
- Siswa mendiskusikan kata-kata sulit yang ditemukan dalam materi dan mencatat definisi serta contoh penggunaannya.
- Rubrik Penilaian:
| Kriteria | 4 (Sangat Baik) | 3 (Baik) | 2 (Cukup) | 1 (Perlu Perbaikan) |
| Partisipasi Aktif | Semua anggota berpartisipasi aktif | Sebagian besar anggota berpartisipasi aktif | Beberapa anggota berpartisipasi aktif | Partisipasi minim dari sebagian besar anggota |
| Identifikasi Kata-Kata Sulit | Semua kata-kata sulit diidentifikasi dengan tepat | Sebagian besar kata-kata sulit diidentifikasi dengan tepat | Beberapa kata-kata sulit diidentifikasi dengan tepat | Identifikasi kata-kata sulit kurang tepat |
| Definisi dan Contoh | Definisi dan contoh sangat tepat dan jelas | Definisi dan contoh cukup tepat dan jelas | Definisi dan contoh kurang tepat | Definisi dan contoh tidak tepat |
- Presentasi Kelompok
- Bentuk Asesmen:
- Siswa mempresentasikan hasil diskusi tentang kata-kata sulit di depan kelas.
- Rubrik Penilaian:
| Kriteria | 4 (Sangat Baik) | 3 (Baik) | 2 (Cukup) | 1 (Perlu Perbaikan) |
| Kejelasan Presentasi | Presentasi sangat jelas dan mudah dipahami | Presentasi jelas dan mudah dipahami | Presentasi kurang jelas | Presentasi tidak jelas |
| Pemahaman Materi | Pemahaman sangat baik dan mendalam | Pemahaman baik | Pemahaman cukup | Pemahaman kurang |
| Menjawab Pertanyaan | Menjawab semua pertanyaan dengan baik | Menjawab sebagian besar pertanyaan dengan baik | Menjawab beberapa pertanyaan dengan baik | Tidak mampu menjawab pertanyaan |
- Asesmen Tugas Individu
- Esai Individu
- Bentuk Asesmen:
- Siswa menulis esai singkat tentang pentingnya etika digital dalam kehidupan sehari-hari, mencakup pemahaman tentang hak cipta, integritas, dan verifikasi informasi.
- Rubrik Penilaian:
| Kriteria | 4 (Sangat Baik) | 3 (Baik) | 2 (Cukup) | 1 (Perlu Perbaikan) |
| Pemahaman Etika Digital | Pemahaman sangat baik, mencakup hak cipta, integritas, dan verifikasi informasi dengan jelas | Pemahaman baik, mencakup hak cipta, integritas, dan verifikasi informasi dengan cukup jelas | Pemahaman cukup, mencakup sebagian dari hak cipta, integritas, dan verifikasi informasi | Pemahaman kurang, tidak mencakup hak cipta, integritas, dan verifikasi informasi dengan jelas |
| Penggunaan Kata-Kata Sulit | Penggunaan sangat tepat dan sesuai konteks | Penggunaan cukup tepat dan sesuai konteks | Penggunaan kurang tepat | Penggunaan tidak tepat |
| Argumen dan Contoh | Argumen dan contoh sangat kuat dan relevan | Argumen dan contoh cukup kuat dan relevan | Argumen dan contoh kurang kuat | Argumen dan contoh tidak relevan |
- Kuis Online (Google Form)
- Bentuk Asesmen:
- Siswa mengisi kuis online yang tersedia di Google Form setelah mempelajari materi.
- Rubrik Penilaian:
| Skor Jawaban | 4 (Sangat Baik) | 3 (Baik) | 2 (Cukup) | 1 (Perlu Perbaikan) |
| Jumlah Jawaban Benar | Semua jawaban benar | Sebagian besar jawaban benar | Beberapa jawaban benar | Banyak jawaban salah |
Langkah pembelajaran
Pengantar dan Pemantik (15 menit)
- Guru menyambut peserta didik dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
- Guru memulai dengan salah satu pemantik (Cerita Nyata, Video Pendek, atau Diskusi Kasus).
- Diskusi singkat tentang pemantik yang digunakan untuk mengarahkan peserta didik ke topik utama.
Eksplorasi Materi (20 menit)
- Peserta didik mengakses web novasi-cikgu.my.id dan mempelajari materi tentang etika digital, kolaborasi global, dan penerapan konsep informatika dan hubungannya dengan profil pelajar pancasila.
- Peserta didik mencatat kata-kata sulit yang mereka temukan dalam materi.
- Peserta didik mengisi kuis yang tersedia di Google Form yang telah disematkan di web. Peserta didik diberikan waktu untuk mengakses diluar jam pelajaran.
Diskusi Kelompok (40 menit)
- Peserta didik dibagi ke dalam kelompok (5-10 peserta didik per kelompok).
- Dalam kelompok, peserta didik mendiskusikan kata-kata sulit yang telah mereka temukan, peserta didik menuliskan definisi dan contoh penggunaan dari kata-kata tersebut di kertas yang sudah disediakan.
- Dalam kelompok, peserta didik diberikan panduan beberapa kata sulit yang belum mereka pahami dan sudah diacak untuk disusun kembali menjadi kata yang bermaka yang terdiri dari (nama, pengertian, contoh dan aktivitas)
Presentasi Kelompok (35 menit)
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka tentang kata-kata sulit.
- Kelompok lain dapat memberikan masukan atau bertanya untuk memperjelas pemahaman.
Refleksi dan Penutup (10 menit)
- Guru mengajak peserta didik untuk melakukan refleksi tentang pembelajaran hari ini.
- Peserta didik diminta untuk berbagi pemahaman baru yang mereka dapatkan.
- Guru memberikan ringkasan dan menjawab pertanyaan yang mungkin masih ada
Media Pembelajaran
- Web Novasi-Cikgu.my.id
- Google Form
- Kertas dan Spidol
- Proyektor/LCD
- Kartu Kata-Kata
- Lembar Kerja Siswa (LKS)
Lampiran LKPD
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Kelas :
Mata Pelajaran : Informatika
Topik : Informatika dan Pembelajaran
Tanggal :
Kelompok :
Tabel Kata-Kata Sulit:
|
Kata-Kata Sulit (Acak) |
Definisi | Contoh Penggunaan |
Model Aktivitas |
| [Kata 1] | |||
| [Kata 2] | |||
| [Kata 3] | |||
| [Kata 4] |
- Setelah mendiskusikan dan menuliskan definisi serta contoh, susun kembali kata-kata yang telah diacak dalam urutan yang benar sesuai dengan maknanya.
- Gunakan kertas atau papan tulis untuk menyusun kembali kata-kata sulit dan tuliskan definisi serta contoh yang telah Anda diskusikan.
File Upload
- Referensi kata-kata sulit 1 (acak)
- Referensi kata-kata sulit 2 (tersusun)
- Modul Ajar
- Materi Ajar
- Link google form (quiz)
