Modul Pengolahan Data Dengan Perangkat Lunak

Modul Ajar Informatika
Fase D

Topik : Pengolahan Data Menggunakan Perangkat Lunak
Kelas : 8
Waktu : 6 Jp
P3 : Bernalar Kritis dan Kreatif

  • Tujuan Pembelajaran
    Peserta didik dapat menyebutkan dan mendefinisikan fungsi dasar perangkat lunak pengolah data seperti Microsoft Excel dan Google Sheets
    Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman tentang antarmuka dasar perangkat lunak tersebut.
    Peserta didik dapat membuat tabel sederhana di perangkat lunak pengolah data.
    Peserta didik dapat mengisi tabel dengan data yang relevan dan melakukan perhitungan sederhana menggunakan formula dasar
  • Peserta didik dapat menyusun data dan menampilkan hasil dalam bentuk grafik yang sesuai (misalnya grafik batang, grafik garis, grafik pie)
    Pemantik
    Apa perbedaan utama antara Microsoft Excel dan Google Sheets dalam hal fungsionalitas dan penggunaan?
    Bagaimana Anda dapat menggunakan perangkat lunak pengolah data untuk mengelola informasi pribadi atau profesional sehari-hari?

Rencana Asesmen
a. asesmen formatif dalam modul ajar ini bisa mencakup kuis singkat, diskusi, dan aktivitas praktis yang dilakukan setelah setiap bagian materi
Kuis tentang Fungsi Dasar dan Antarmuka Perangkat Lunak (40%)

Tugas Praktik (60%)
Kriteria Skor Deskripsi

Pembuatan tabel 20 Tabel dibuat dengan benar, mencakup header kolom dan data yang relevan
Kelengkapan data 35 Semua data dimasukkan dengan tepat tanpa kesalahan
Penggunaan formula 35 Formula SUM(), AVERAGE(), MIN(), dan MAX() digunakan dengan benar dan hasilnya tepat.
Kerapihan dan keteraturan tabel 10 Tabel disusun dengan rapi, mudah dibaca, dan tidak ada kesalahan tata letak
Skor 100

b. Asesmen “Proyek Mini Pengolahan Data dengan Perangkat Lunak” adalah asesmen sumatif. (100%)
Kriteria Skor Deskripsi

Pemilihan data 30 Data yang dipilih relevan dan tepat untuk jenis grafik yang dipilih
Pembuatan grafik 40 Grafik dibuat dengan benar, mencakup semua elemen penting (judul, label, dll.) dan mudah dipahami
Kreatifitas dan presentasi 30 Grafik disajikan dengan baik dan menarik secara visual
Skor 100

Total Skor : (Penilaian formatif (60%)+ Penilaian sumatif (40%))

Langkah pembelajaran
a. Pendahuluan (10 Menit)

Guru membuka kelas dengan memperkenalkan topik pengolahan data dan pentingnya keterampilan ini dalam kehidupan sehari-hari dan karier masa depan. Guru mengajukan beberapa pertanyaan pemantik untuk memancing kesiapan dan pemahaman peserta didik.
b. Pembelajaran Fungsi Dasar (20 Menit)
Penjelasan tentang fungsi dasar Excel dan Google Sheets, seperti pengolahan data, perhitungan, dan visualisasi.

Diskusi tentang kegunaan formula SUM(), AVERAGE(), dan IF().
Kuis singkat tentang fungsi dasar dan kegunaannya.
c. Antarmuka Dasar Perangkat Lunak (40 Menit)
• Demonstrasi Antarmuka (15 Menit), Guru menunjukkan antarmuka dasar, termasuk lembar kerja, sel, baris, kolom, formula bar, dan ribbon/menu. Atau Gunakan proyektor atau TV untuk menampilkan antarmuka perangkat lunak. Jika proyektor tidak tersedia, gunakan cetakan gambar besar yang menunjukkan antarmuka dasar seperti lembar kerja, sel, baris, kolom, formula bar, dan ribbon/menu. Sediakan handout yang berisi gambar antarmuka dan penjelasan dari masing-masing komponennya, sehingga peserta didik dapat mengikuti secara langsung dari bangku mereka.
• Aktivitas Praktis (20 Menit), Peserta didik membuka Excel atau Sheets dan mengenali komponen antarmuka yang telah dijelaskan. Peserta didik bisa bekerja secara berpasangan atau kelompok untuk mengidentifikasi komponen antarmuka menggunakan lembar kerja cetak atau buku latihan. Mereka bisa menandai dan mengidentifikasi fungsi setiap bagian (misalnya, mewarnai sel, menandai ribbon). menggunakan kertas grid yang meniru tampilan lembar kerja untuk mengenali komponen dan fitur dasar
• Diskusi dan Tanya Jawab (5 Menit), Peserta didik bertanya dan berdiskusi tentang penggunaan antarmuka. Lakukan sesi tanya jawab di dalam kelas, dimana peserta didik bisa mengajukan pertanyaan tentang bagian-bagian antarmuka yang belum mereka pahami. Diskusi dapat dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil untuk memastikan semua peserta didik memahami materi.
d. Membuat Tabel Sederhana (40 Menit)
• Penjelasan dan Demonstrasi (10 Menit), Guru menjelaskan cara membuat tabel sederhana, menentukan header kolom, dan memasukkan data. Guru menjelaskan proses pembuatan tabel menggunakan gambar cetak atau slide yang menampilkan contoh tabel sederhana. Jika memungkinkan, gunakan proyektor atau TV untuk menunjukkan cara pembuatan tabel secara real-time
• Praktik Membuat Tabel (25 Menit), Peserta didik membuat tabel sederhana dengan data yang diberikan oleh guru. Peserta didik membuat tabel sederhana di kertas grid atau buku catatan mereka. Guru menyediakan data sederhana yang akan dimasukkan dalam tabel tersebut, misalnya daftar nama peserta didik dan nilai ujian mereka. Jika peserta didik tidak memiliki akses ke komputer, mereka bisa bekerja dalam kelompok untuk mengisi tabel di papan tulis atau kertas besar.
• Pengamatan dan Kuis Singkat (5 Menit), Guru mengamati kerja peserta didik dan memberikan kuis singkat terkait pembuatan tabel. Guru memberikan kuis sederhana yang meminta peserta didik menentukan komponen tabel atau mengisi tabel dengan data tertentu. Kuis ini bisa dilakukan secara lisan atau tertulis. Guru mengamati hasil kerja peserta didik dan memberikan umpan balik secara langsung
e. Mengisi Data dan Melakukan Perhitungan Sederhana (40 Menit)
• Penjelasan Formula Dasar (10 Menit), Guru menjelaskan penggunaan formula dasar seperti SUM(), AVERAGE(), MIN(), MAX(), dan cara menggunakan operator aritmatika.
• Latihan Praktis (25 Menit), Peserta didik mengisi data dan menggunakan formula dasar untuk melakukan perhitungan. Peserta didik menghitung secara manual menggunakan data yang ada di tabel mereka. Mereka bisa menghitung total nilai, rata-rata, atau mencari nilai maksimum dan minimum dengan bantuan kalkulator. Peserta didik bisa menulis formula yang telah mereka hitung di papan tulis atau kertas besar yang ditempel di dinding kelas
• Diskusi Hasil (5 Menit), Peserta didik membahas hasil perhitungan mereka dan memperbaiki kesalahan jika ada. Guru memimpin diskusi di mana peserta didik membahas hasil perhitungan mereka, dan bersama-sama memperbaiki kesalahan yang mungkin terjadi.
f. Menyusun Data dan Membuat Grafik (40 Menit)
• Penjelasan tentang Grafik (10 Menit), Guru menjelaskan berbagai jenis grafik (batang, garis, pie) dan kapan masing-masing digunakan.
• Praktik Membuat Grafik (25 Menit), Peserta didik memilih data dari tabel mereka dan membuat grafik yang sesuai. Peserta didik memilih data dari tabel mereka dan menggambar grafik di kertas. Mereka bisa menggunakan pensil warna untuk membedakan bagian-bagian grafik (misalnya, batang grafik atau segmen pie). jika peralatan terbatas, peserta didik bisa bekerja dalam kelompok kecil untuk membuat satu grafik bersama
• Tinjauan dan Feedback (5 Menit), Guru meninjau grafik yang dibuat peserta didik dan memberikan umpan balik. Guru meninjau grafik yang telah dibuat oleh peserta didik dan memberikan umpan balik, baik secara lisan maupun tertulis di atas grafik mereka
g. Proyek Mini dan Refleksi (40 Menit)
• Pengerjaan Proyek Mini (30 Menit), Peserta didik menyelesaikan proyek mini yang mencakup pembuatan tabel, penggunaan formula, dan penyajian data dalam grafik. Mereka diminta untuk bekerja secara mandiri.
• Refleksi dan Penutupan (10 Menit), Peserta didik menulis refleksi singkat tentang apa yang telah dipelajari dan pengalaman mereka. Guru menutup sesi dengan merangkum materi dan memberikan motivasi untuk terus mengasah keterampilan pengolahan data.

Media Pembelajaran
• Web Novasi-Cikgu.my.id
• Google Form
• Kertas dan Spidol
• Proyektor/LCD
• Lembar Kerja Peserta didik (LKS)
• Media dan Alat
• Papan tulis dan spidol
• Buku catatan
• Laptop/komputer (jika ada akses)
• Handout materi tentang struktur data sederhana

admin Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *