Modul Data terstruktur dan tidak terstruktur

Modul Ajar Informatika
Fase D

 Topik              : Data terstruktur dan tidak terstruktur
Kelas               : IX
Waktu            : 4 JP
P3                    : Kreatif dan bernalar kritis
Link PMM    : klik disini

Tujuan Pembelajaran          

  • Peserta didik dapat mendefinisikan dan membedakan antara data terstruktur dan data tidak terstruktur.
  • Peserta didik dapat memberikan contoh konkret dari kedua jenis data.
  • Peserta didik dapat mengidentifikasi dan memberikan contoh data terstruktur yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
  • Peserta didik dapat menjelaskan bagaimana data terstruktur digunakan dalam konteks yang berbeda seperti data keuangan, penjualan, dan akademik
  • Peserta didik dapat menerapkan pengetahuan mereka tentang data terstruktur untuk menyelesaikan tugas atau masalah yang melibatkan pengorganisasian data

Pemantik

  • Berikan contoh bagaimana kamu bisa menggunakan tabel untuk mengatur rencana liburan, seperti daftar tempat yang ingin dikunjungi dan tanggalnya
  • Jika kamu mengelola sebuah acara di sekolah, seperti bazar atau kompetisi, bagaimana tabel bisa membantu dalam merencanakan dan mengorganisir tugas-tugas yang perlu dilakukan?
  • Apa perbedaan antara data terstruktur seperti tabel nilai ujian dan data tidak terstruktur seperti catatan acak di buku catatan? Mengapa satu lebih mudah diproses daripada yang lain?

Rencana Asesmen

Tugas Individu: Membuat tabel data terstruktur dan mengumpulkan contoh data tidak terstruktur dari kehidupan sehari-hari

Kriteria Penilaian

  1. Membuat Tabel Data Terstruktur
Kriteria Deskripsi Penilaian Bobot
Kelengkapan Informasi Tabel mencakup semua kolom yang relevan sesuai dengan jenis data yang dipilih (misalnya, jadwal pelajaran harus mencakup hari, waktu, dan nama pelajaran). 30%
Kejelasan dan Keterbacaan Tabel disusun dengan rapi, menggunakan format yang konsisten, dan mudah dibaca (misalnya, tidak ada kolom yang terputus atau informasi yang terlalu padat). 20%
Kepatuhan Format Tabel menggunakan format yang sesuai (misalnya, baris dan kolom di spreadsheet atau tabel di buku catatan). 20%
Ketepatan Data Data yang dimasukkan ke dalam tabel akurat dan relevan dengan topik yang diberikan (misalnya, jadwal pelajaran sesuai dengan yang diharapkan). 30%
  1. Mengumpulkan Contoh Data Tidak Terstruktur
Kriteria Deskripsi Penilaian Bobot
Variasi Jenis Data Siswa mengumpulkan berbagai jenis data tidak terstruktur (gambar, video, teks, audio) yang menunjukkan pemahaman tentang konsep data tidak terstruktur. 30%
Relevansi Contoh data tidak terstruktur yang dikumpulkan relevan dengan kehidupan sehari-hari dan menunjukkan pemahaman tentang data tidak terstruktur. 30%
Kepatuhan Format Contoh data diunggah dengan cara yang sesuai (misalnya, dalam folder online atau lampiran dalam dokumen). 20%
Deskripsi Setiap contoh dilengkapi dengan deskripsi singkat mengenai jenis data, sumber, dan alasan mengapa dianggap tidak terstruktur. 20%

 Langkah pembelajaran

  • Pembukaan (10 Menit):

Tanyakan kepada peserta didik tentang pengalaman mereka dengan data dalam kehidupan sehari-hari. Tampilkan gambar atau video singkat mengenai data terstruktur dan tidak terstruktur untuk menarik perhatian. Ajukan beberapa pertanyaan pemantik

  • Penjelasan Konsep (20 Menit):

Berikan definisi, karakteristik, dan contoh data terstruktur dan tidak terstruktur menggunakan slide atau papan tulis. Diskusikan perbedaan utama antara data terstruktur dan tidak terstruktur.

  • Diskusi dan Contoh (30 Menit)

Ajak peserta didik untuk berdiskusi tentang contoh data terstruktur dan tidak terstruktur dari pengalaman mereka. Tanyakan beberapa contoh spesifik dan buat catatan di papan tulis.

  • Analisis Contoh (15 Menit):

Tampilkan tabel data terstruktur dan beberapa contoh data tidak terstruktur (seperti email, foto, dan video). Diskusikan bagaimana setiap jenis data diatur dan diolah.

  • Penugasan Individu (50 Menit)

Mengaplikasikan pemahaman peserta didik tentang data terstruktur dan tidak terstruktur.

Jelaskan tugas yang harus dikerjakan peserta didik: membuat tabel data terstruktur dan mengumpulkan contoh data tidak terstruktur. Berikan instruksi rinci dan kriteria penilaian.

Tabel Data Terstruktur: Minta peserta didik membuat tabel sederhana, misalnya, untuk mencatat jadwal pelajaran atau daftar buku yang dibaca. Contoh Data Tidak Terstruktur: Minta peserta didik untuk mengumpulkan dan menyimpan contoh data tidak terstruktur seperti gambar, teks, dan video dari internet atau perangkat mereka. Peserta didik menyelesaikan tugas dan mengumpulkan hasil pekerjaan mereka.

  • Refleksi dan Penutup (20 Menit) Mengkaji pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik.

 Media Pembelajaran

  • Web Novasi-Cikgu.my.id
  • Google Form
  • Kertas dan Spidol
  • Proyektor/LCD
  • Gambar / video / materi yang relevan
  • Lembar Kerja Peserta didik (LKS)

silahkan unduh disini
1. Materi
2. Modul

 

admin Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *