Modul Ajar Informatika
Fase D
Topik : Pengenalan Data dan Infrmasi
Kelas : 7
Waktu : 3 JP
P3 : Kolaborasi, kreatif
Link PMM : Klik disini
Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik dapat mendefinisikan data sebagai fakta atau angka mentah yang belum diolah.
- Peserta didik dapat mendefinisikan informasi sebagai hasil pengolahan data yang memberikan makna atau pengetahuan.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi data teks (seperti dokumen atau tulisan).
- Peserta didik dapat mengidentifikasi data numerik (seperti angka atau statistik).
- Peserta didik dapat mengidentifikasi data gambar (seperti foto atau grafik).
- Peserta didik dapat mengidentifikasi data suara (seperti rekaman audio atau musik).
- Peserta didik dapat memberikan contoh penggunaan data dalam kehidupan sehari-hari (seperti dalam pendidikan, kesehatan, bisnis).
- Peserta didik dapat menjelaskan bagaimana data digunakan untuk membuat keputusan (misalnya dalam analisis pasar atau evaluasi kinerja).
- Peserta didik dapat mengidentifikasi sumber data yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari (seperti survei, sensus, laporan keuangan).
Pemantik
- Apa yang kamu ketahui tentang data dan informasi?
- Bisakah kamu memberikan contoh data yang sering kamu temui dalam kehidupan sehari-hari?
- Bagaimana menurutmu data dapat membantu dalam pengambilan keputusan?
- Apa bedanya data teks dan data numerik?
Rencana Asesmen
- Tugas Kelompok
Instruksi: Peserta didik dibagi dalam kelompok dan diminta untuk membuat poster yang menggambarkan masing-masing jenis data dengan contoh konkret dari kehidupan sehari-hari. Setiap kelompok harus mempresentasikan poster mereka di depan kelas dan menjelaskan contoh yang mereka berikan.
| Aspek | Deskripsi | Skor Maksimum |
| Kejelasan Poster | Poster jelas dan mudah dipahami | 30 |
| Kesesuaian Contoh | Contoh yang diberikan sesuai dengan jenis data | 30 |
| Presentasi Kelompok | Presentasi jelas dan semua anggota berpartisipasi | 40 |
| Total Skor | 100 |
- Observasi
Guru mengamati partisipasi peserta didik selama diskusi kelompok dan presentasi.
Kriteria penilaian:
Keaktifan
Kemampuan memberikan contoh yang relevan
Kemampuan menjelaskan contoh tersebut dengan jelas.
| Aspek | Deskripsi | Skor Maksimum |
| Keaktifan | Peserta didik aktif berpartisipasi dalam diskusi kelompok | 30 |
| Relevansi Contoh | Contoh yang diberikan relevan dengan jenis data | 40 |
| Kejelasan Penjelasan | Penjelasan peserta didik jelas dan mudah dipahami | 30 |
| Total Skor | 100 |
- Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Instruksi LKPD:
- Data Teks: Definisikan data teks. Berikan tiga contoh data teks yang kamu temui sehari-hari dan jelaskan penggunaannya.
- Data Numerik: Definisikan data numerik. Berikan tiga contoh data numerik yang kamu temui sehari-hari dan jelaskan penggunaannya.
- Data Gambar: Definisikan data gambar. Berikan tiga contoh data gambar yang kamu temui sehari-hari dan jelaskan penggunaannya.
- Data Suara: Definisikan data suara. Berikan tiga contoh data suara yang kamu temui sehari-hari dan jelaskan penggunaannya.
| Aspek | Deskripsi | Skor Maksimum |
| Definisi Data Teks | Mendefinisikan data teks dengan benar | 15 |
| Contoh Data Teks | Memberikan tiga contoh data teks yang relevan | 10 |
| Definisi Data Numerik | Mendefinisikan data numerik dengan benar | 15 |
| Contoh Data Numerik | Memberikan tiga contoh data numerik yang relevan | 10 |
| Definisi Data Gambar | Mendefinisikan data gambar dengan benar | 15 |
| Contoh Data Gambar | Memberikan tiga contoh data gambar yang relevan | 10 |
| Definisi Data Suara | Mendefinisikan data suara dengan benar | 15 |
| Contoh Data Suara | Memberikan tiga contoh data suara yang relevan | 10 |
| Total Skor | 100 |
- Kuis Online (Opsional) = klik disini
2. Tugas Kelompok
Catatan untuk Guru
Pastikan untuk memberikan umpan balik yang konstruktif pada setiap aspek penilaian.
Gunakan rubrik ini untuk memberikan penilaian yang adil dan transparan.
Sesuaikan jika diperlukan untuk mengakomodasi kebutuhan khusus atau kondisi kelas.
Langkah pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran:
- Pendahuluan (20 menit):
- Guru mengucapkan salam dan mengabsen peserta didik.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran hari.
- Mengajukan pertanyaan pemantik: “Apa yang kamu ketahui tentang data dan informasi?”
- Guru menyampaikan definisi data dan informasi dan jenis-jenisnya
- Inti (80 menit):
- Guru menjelaskan definisi data dan informasi dengan menggunakan presentasi atau papan tulis.
- Memberikan contoh konkret tentang data dan informasi:
- Data: angka suhu harian, daftar nama peserta didik.
- Informasi: laporan cuaca, analisis kinerja peserta didik.
- Diskusi kelas: Peserta didik diminta untuk memberikan contoh data dan informasi dari kehidupan sehari-hari.
- Guru menjelaskan jenis-jenis data dengan menggunakan presentasi atau papan tulis:
- Data teks: dokumen, artikel.
- Data numerik: angka, statistik.
- Data gambar: foto, ilustrasi.
- Data suara: rekaman audio, musik.
- Guru menjelaskan penggunaan data dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan presentasi atau papan tulis:
- Pendidikan: menggunakan data hasil ujian untuk menilai kemajuan peserta didik.
- Kesehatan: data medis untuk diagnosis dan pengobatan.
- Bisnis: laporan penjualan dan data pelanggan untuk strategi pemasaran.
- Diskusi kelas: Peserta didik diminta untuk memberikan contoh penggunaan data dalam kehidupan sehari-hari. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka
- Guru menjelaskan bagaimana data digunakan untuk membuat keputusan dengan memberikan contoh konkret (misalnya, analisis pasar, evaluasi kinerja).
- Penutup (20 menit):
- Guru mengulas kembali poin-poin penting dari pelajaran.
- Menutup dengan doa dan salam.
- Memberikan kuis singkat tentang jenis-jenis data untuk mengukur pemahaman peserta didik.
- Menutup dengan doa dan salam.
Media Pembelajaran
- Web Novasi-Cikgu.my.id
- Google Form
- Kertas dan Spidol
- Proyektor/LCD
- Kartu Kata-Kata
- Lembar Kerja Peserta didik (LKS)
Lampiran LKPD
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Kelas : 7
Mata Pelajaran : Informatika
Topik : Informatika dan Pembelajaran
Tanggal :
Kelompok :
- Pembuatan Poster
Buatlah poster tentang pemahaman ananda dari materi yang telah dijelaskan oleh guru
- Pengisian Istilah
| NO | Istilah | Defenisi |
| 1 | data teks | |
| 2 | contoh data teks yang relevan | |
| 3 | data numerik | |
| 4 | contoh data numerik yang relevan | |
| 5 | data gambar | |
| 6 | contoh data gambar yang relevan | |
| 7 | data suara | |
| 8 | contoh data suara yang relevan |
link Unduhan : silahkan diklik
1. Materi
2. Modul
3. LKPD
4. Quiz

Leave a Reply